PERIODESASI MUSIK RADIO



Dunia Radio sangat identik dengan musik dan lagu, sehingga radio kini dijadikan media utama dalam mendengarkan musik dan lagu. umumnya, musik menjadi kekuatan yang dimiliki sebuah stasiun radio untuk menyedot pendengar.

Nah, tentu pengetahuan tentang musik wajib dimiliki oleh pekerja radio. Mulai dari genre lagu, penyanyi, judul lagu sampai dengan masa periode musik itu sendiri.

Perjalanan musik terbagi menjadi beberapa periode yaitu:

1. To be Hits Musik     
Adalah lagu lagu yang baru muncul dan ngehits, kebanyakan sih lagu lagu new release.

2. Hot Current Music   
Adalah lagu lagu yang Playing List atau yang paling sering dan enak  didengerin dalam waktu 1 ( satu ) periode ( 1-2 tahun ini).

3. Current Music             
Adalah Lagu - lagu dalam waktu satu periode (1-2 tahun ini)

4. Re-Current Music    
Adalah Lagu - Lagu dalam waktu 2 tahun sebelum tahun ini. jadi kalau sekarang 2013 berarti Re-Currentnya tahun 2011

5. Retro Music           
Adalah Lagu - Lagu dalam waktu 5 tahun sebelum tahun Re-Current Music atau dalam waktu 7 tahun dan sebelumnya

6. Old Dis Music       
Adalah Lagu - Lagu dalam waktu 10 tahun dari segmentasi usia target audience radio itu. bayangin deh klo kita lahir di tahun 2000 tapi lagu yang di puter di radio kesayangan kita ternyata era '80an kayak lagunya emak bapak kita... nah, males banget kan dengerin tuh stasiun radio.

Selain periodesasi musik berbagai macam format musik juga dimunculkan sehingga respon pendengar terhadap stasiun radio akan berbeda-beda. Beberapa format musik yang perlu diketahui antara lain :

  • Adult Contemporary (AC) : Format ini pada umumnya berisi lagu-lagu popular yang diputar kembali dari koleksi lagu-lagu lama, seperti lagu-lagu oldies. Mulai lagu-lagu rock hingga hot adult contemporary yang soft seperti urban, jazz, pop, dance, dan lain-lain, dengan progresif beatnya lagu-lagu tersebut menjadi enak didengar. Pemutarannya bisa berdasarkan klasifikasi dan era lagu.  Sasaran kelompok pendengarnya adalah usia antara 25 - 44 tahun, walaupun memungkinkan juga usia 25 - 54 tahun. Kelompok pendengar ini juga merupakan data demografi yang banyak dicari oleh pemasang iklan. Adult Contemporary banyak digunakan oleh stasiun radio dan menjadi format favorit dalam spektrum musik.

  • Contemporary Hit Radio : Format musik ini berkembang pada tahun 1981. Rekaman lagu yang berbasis populer dipilih berdasarkan program tangga lagu, survei, dan laporan penjualan rekaman. Format ini menarik bagi kalangan kelompok pendengar usia 12-24 tahun.

  • Urban : Format berciri khas Rap, R & B, Reggae, Hardrock, Soul dan desain musik khusus lainnya berguna untuk menarik anak muda yang biasanya popular di kota-kota besar.

  • Selain itu juga ada musik country, Oriented Rock dan Oldies.

0 komentar:

Posting Komentar